Ridwan, M.T

Lecturer UIN Ar-raniry Banda Aceh
Diklatsar CPNS

Diklatsar C-ASN UIN Ar-Raniry Banda Aceh

ridwanmerdu.com | Pelatihan Dasar (Diklat) SAR Calon Aparatur Sipil Negara (C-ASN) dilaksanakan oleh Badan Diklat Keagamaan (BDK) Provinsi Aceh untuk CPNS UIN Ar Raniry yang telah menerima SK CPNS. Kegiatan diklat ini merupakan salah satu syarat bagi calon aparatur sipil negara untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan ini dilaksanakan di kampus Pasca Sarjana UIN Ar Raniry Banda Aceh selama 20 Hari.

Salah satu cara pembibitan PNS dengan kualitas sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat serta pemersatu bangsa, adalah melalui pelatihan dasar terintegrasi bagi CPNS. Pelatihan dasar ini lebih mengedepankan habituasi terhadap nilai-nilai PNS dan implementasi dari fungsi PNS di unit kerja masing-masing. Berdasarkan Perka LAN No. 21 Tahun 2016, Pelatihan Dasar Golongan III dengan pola baru ini, terdiri atas pembelajaran on campus selama 33 hari kerja dan off campus selama 80 hari kerja. Melalui habituasi yang lebih lama, diharapkan dihasilkan PNS yang berintegritas, profesional, kompeten dan berkomitmen mutu tinggi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Diklatsar CPNS

Hasil Diklatsar ini diharapkan akan lahir sosok PNS yang akun tabel, nasionalis, beretika, berkomitmen mutu dan anti terhadap korupsi sehingga mampu secara profesional melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif, efisien dan kompeten. Harapan ini perlu dicapai untuk memberikan gambaran PNS yang terjamin kualitasnya.

CPNS UIN Ar Raniry

Tahun 2018, Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh membuka formasi CPNS untuk posisi Dosen dan tenaga kependidikan. Dari setiap formasi yang dibuka, hasil akhir sejumlah 39 Orang dinyatakan lulus seleksi akhir. Dari 39 formasi yang terdiri dari 3 orang tenaga kependidikan dan 36 Dosen. Penyerahan SK CPNS baru dilakukan pada tgl. 13 Juni 2019 (pasca lebaran Idul Fitri) oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Warul Walidin , Ak. Perhitungan berdasarkan, TMT dihitung bulan Maret dan SPMT pertama bulan Mei 2019.

“Kami mengharapkan kepada CPNS yang tepilih untuk mengabdi di UIN Ar-Raniry, senantiasa setia dan taat sepenuhnya kepada pancasila, UUD 1945, Negara, Pemerintah dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat kebiasaan masyarakat Aceh,” Pesan Rektor pada saat penyerahan SK.