Viral Avatar di Facebook, ini cara buatnya

Facebook sebagai salah satu pelopor media sosial di internet baru saja meramaikan lini masa dengan kehadiran Fitur anyarnya, yaitu avatar. Avatar itu merupakan fitur yang bisa membuat penggunanya membuat animasi yang menggambarkan sosok dirinya. Bahkan, kamu bisa membuat karakter diri kamu lebih keren dengan sejumlah penampilan yang dihadirkan di fitur baru ini. Hadirnya fitur ini membuat banyak penggunanya meng-share avatar masing-masing pada timeline nya. Apa sih Avatar? dan bagaimana cara buatnya di Facebook?., walaupun baru Viral pada hari ini pada pengguna Indonesia, fitur Avatar ini sudah lama juga hadir.

Apa itu Avatar?

avatar
avatar

Jika kita sering nonton film, maka pasti akan teringat kepada Tokoh dalam film terkenal yaitu AVATAR the last air blender. Film animasi yang muncul istilah Negara api dan negara angin. Kemudian ada juga film dengan kombinasi 4D yang berjaya pada masanya.

Bagi kami anak Teknik Informatika, istilah avatar dikenal berupa suatu icon yang muncul pada halaman website, sebagai icon web. dan berikut ada beberapa istilah yang berkaitan dengan kata “Avatar” itu sendiri :

1. Avatar The Legend Of Aang

Dalam film ini diceritakan tentang seorang pengendali udara yang terakhir bernama aang yang tertidur selama berpuluh puluh tahun, lalu dibangkitkan oleh seorang pengendali air bernama katara. Dalam perjalanannya untuk mendamaikan dunia yang telah porak poranda oleh negara api, ia bersama temanya yang lain melakukan petualangan sambil aang mempelajari pengendalian lain.  Avatar dalam konteks ini merupakan orang terpilih yang mampu menciptakan perdamaian dengan kekuatan 4 elemen yang tidak dimiliki orang biasa

2. Avatar

film ini bercerita tentang seorang mantan marinir yang cacat yang harus menggantikan saudaranya dalam sebuah proyek ilmiah, pada film ini diceritakan bagaimana bumi telah hancur alamnya, film ini lebih kepada kritik kepada kita. Avatar pada konteks ini merupakan “tiruan ” dari bangsa navi yang merupakan penduduk asli planet tersebut, avatar ini bisa dikendalikan oleh si pemakai yang cocok secara DNA, Avatar merupakan representasi pemakai (manusia) dalam dunia nya bangsa navi (dalam film ini)

3. Avatar pada jejaring sosial

Dalam hal ini avatar merupakan gambar yang menjadi profil dari diri kita, bisa foto sendiri atau yang lainya , biasanya merupakan gambar persegi dengan ukuran tertentu sesuai yang di minta di sosmed itu, contoh dari avatar.

dari ketiga “Avatar ” diatas, bisa disimpulkan dan ternyata avatar itu adalah representasi atau perwakilan diri kita di dunia lain, makin dalam kasus kedua dalam film avatar yang biru biru itu, Avatar adalah wujud atau representasi dari manusia pada film itu pada dunianya bangsa navi untuk kasus ketiga Avatar merupakan representasi dari diri kita pada dunia maya, misal dalam avatar agan agan di Facebook atau aplikasi lainnya.

Nah, bagaimana cara buat avatar di Facebook, berikut langkahnya:

Update Aplikasi Facebook 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengupdate aplikasi Facebook ke versi yang terbaru. Jika tidak, maka besar kemungkinan fitur ini tidak akan bisa digunakan oleh kamu.

Setelah sudah memastikan versi baru, kamu bisa langsung membuka aplikasi Facebook di smartphone.

Lalu, klik tombol garis tiga yang berada di sebelah kanan layar bersampingan dengan tombol notifikasi.

Klik See More (Lihat Lebih Banyak)

Kemudian kamu bisa langsung menggulirkan layar sampai menemukan menu “See More” lalu klik dan pilih menu Avatars yang berada di paling atas.

Pilih Model Avatar

Setelah kamu masuk ke menu tersebut, kamu bisa langsung memilih warna kulit yang sesuai dengan penggambaran dirimu. Ada 27 jenis warna yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan

Tentukan Rambut

Hal pertama yang kamu lakukan adalah menyesuaikan karakter dengan rambut. Ada tiga kolom kategori rambut yang bisa memudahkan kamu dalam memilih rambut yakni pendek, sedang, dan panjang.

Kamu bisa memilihnya mulai dari gaya botak, belah tengah, keriting, sampai poni seperti Andika Kangen Band.

Pilih Bentuk Muka

Dengan membuat avatar, tentunya kita dianjurkan untuk memilih bentuk muka yang sesuai dengan keinginan. Disini Facebook memberikan banyak pilihan jenis muka yang biasa ditemui di dunia nyata. Sehingga, kamu bisa membuat karakter yang persis seperti dirimu.

Pilih Mata

Selanjutnya adalah memilih jenis bola mata yang diinginkan. Kamu juga bisa menentukan warna bola mata dari karakter avatarmu dan jenis bulu mata yang ada di mata karakter virtual tersebut. Masih dari bagian mata, namun sekarang kamu harus memilih alis yang juga bisa disesuaikan warnanya. Facebook pun tak lupa untuk memberikan gaya alis layaknya masyarakat India yang memiliki bulatan merah di tengahnya.

Bagi kamu yang menggunakan kacamata juga jangan khawatir karena ada juga lho pilihan untuk menentukan bentuk kacamata.

Memilih Hidung dan Bibir

Beranjak pada bagian hidung yang harus kamu tentukan sesuai dengan keinginanmu. Pada bagian ini, kamu juga bisa menambahkan sedikit aksesoris hidung seperti anting. Lalu di untuk pemilihan jenis bibir, ada banyak macam bibir yang bisa dipilih olehmu untuk memperindah avatar kesukaanmu. Selain itu, ada juga penambah lipstik pada bibir atau kamu bisa juga menambahkan rambut muka seperti kumis, jenggot, atau bewok untuk laki-laki.

Tentukan Bentuk Tubuh

Selanjutnya adalah kamu diharuskan untuk menentukan bentuk tubuh daari avatar yang menggambarkan dirimu. Banyak bentuk tubuh yang bisa kamu pilih, jadi jangan takut untuk tidak menemukan bentuk tubuh yang sesuai.

Memilih Aksesoris

Langkah terakhir yaitu menentukan sejumlah aksesoris seperti pakaian, topi, hijab, ataupun anting.

Klik Done/Selesai

Jika sudah semua maka kamu bisa langsung klik Done atau Selesai yang ada di kanan layar. Tunggu beberapa saat hingga Facebook berhasil membuat avatar kamu. Setelah itu kamu bisa langsung klik Next.

Bisa Untuk Sticker Comment

Nah, kalau avatar kamu sudah selesai maka kamu bisa menggunakan Avatar tersebut untuk menambah keseruan saat melakukan komunikasi lewat Facebook Messenger.

Thank you.,,

You May Also Like

About the Author: Ridwan M.T