Usulan Aplikasi Survei Data Warga ODP Covid-19

aplikasi

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional pada bulan April 2020 melakukan ajang bagi anak bangsa dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Kompteisi yang mengambil tema Gotong Royong Melindungi Bangsa bertujuan untuk mencari Solusi, Ide dan Inovasi dari anak bangsa untuk secara bersama melawan covid-19. Sampai akhir penutupan, total ada 5.590 jumlah peserta yang mendaftarkan diri yang terdiri dari beberapa Kampus di Indonesia (nasional), data bisa di cek di : https://www.ristekbrin.go.id/ideathon/. Namun, pada penilaian akhir, hanya 17 Tim/Personal yang dinyatakan sebagai yang terbaik dan berhak mendapat penghargaan.

Salah satunya, saya sendiri mencoba untuk mengikuti kegiatan tersebut. Walaupun diawal, muncul pemikiran ketidakmampuan untuk bersaing secara Nasional. Dan itu terbukti, jumlah pendaftar yang begitu besar membuat peluang untuk jadi yang terbaik hanya ada 1%. Apresiasi luar biasa kepada Kementerian RISTEKBRIN, yang tetap memberikan penghargaan sebagai ucapan terima kasih kepada semua peserta yang telah mengirimkan karyanya.  Alhamdulillah, saya sendiri termasuk salah satu pengusul ide yang mendapatkan Ucapan terima kasih tersebut.

Sedikit mau memberikan penjelasan tentang Usulan yang coba saya ikutkan dalam kompetisi tersebut. Untuk Ide saya mengambil topik tentang Pengendalian Virus. Idenya berupa pembuatan Produks aplikasi Web dan Mobile App yang dapat menghimpun seluruh data Para Pendatang, Pemudik atau siapapun yang baru pulang dari Luar daerah. Ide ini muncul karena saya melihat tidak adanya suatu publikasi yang detail jumlah Para Pendatang di suatu daerah. Proses yang dilakukan oleh Pemerintah pada saat tersebut hanya berupa Pendataan secara manual dengan cara mendatangi si Pendatang tersebut untuk kemudian dicatat secara manual kemudian diserahkan ke tingkat kecamatan ataupun kabupaten/Kota. Datapun menjadi simpang siur, artinya tidak ada suatu jumlah pasti berapa jumlah para pendatang dari suatu daerah.

Kondisi demikian dapat mengakibatkan miss informasi pada sesama warga. Kondisi ini dapat mengakibatkan Aturan Phsyical Distancing yang digaungkan Pemerintah menjadi sia-sia. Berangkat dari hal tersebutlah muncul ide untuk mengembangkan suatu Platform Teknologi berbasis Mobile APP dan Web APP yang mampu menyajikan data akurat dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat.

Gambaran usulan Rancangan Sistem dapat dilihat pada gambar berikut:

Suatu Ide yang sederhana yang muncul seketika saja. Rancangan sistem aplikasi nya seperti tampak pada gambar yang setidaknya dapat mengatasi permasalahan jumlah Data Pendatang. Sistem yang coba saya rancang dan usulkan dapat dkelola oleh User Tingkat Gampong, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Dengan User Dinamis sehingga memungkinkan penambahan User sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat umum juga bisa melaporkan secara langsung data pendatang, yang kemudian data tersebut akan dilakukan verifikasi utuk mengecek kebenarannya sebelum terpublish.

Singkat saja penjelasan tentang usulan ide. Cukup sederhana sekali dan memang bukan suatu Inovasi yang baru. Namun, setidaknya jika dapat diimplementasikan dapat membantu Pemerintah dalam melakukan pendataan para pendatang dari luar dengan tujuan meminalisir penyebaran Wabah Covid-19.

Terkahir, walaupun Ide tersebut tidak termasuk kategori terbaik hanya masuk Kategori pengusul, aplikasinya sudah selesai saya buat (Android dan Web App). Dan rencananya akan saya jadikan sebagai sebuah Buku yang bisa dipelajari nantinya.

You May Also Like

About the Author: Ridwan M.T