Melihat Hasil Data Polling, Benar Atau Palsu?

polling online

Awal saya coba bahas topik ini dikarenakan dalam beberapa hari ini, di media sosial lagi riuh-riuhnya polling. Hal ini sudah lumayan terjadi, karena tahun 2022, jika tidak ada perubahan aturan, Aceh akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) untuk tingkat Gubernur dan Bupati/Walikota.  Termasuk salah satu Kabupaten yang akan melaksanakan pilkada adalah Pidie. Penyambutan pilkada sudah pasti akan dimulai tahun 2020 ini, salah satunya dengan mencari kandidat untuk dijadikan Balon. Polling melalui online menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk melihat, siapa kandidat terkuat yang bisa diusung menjadi Bakal Calon nantinya.

Polling melalui Online merupakan salah satu solusi untuk meihat persepsi masyarakat untuk kandidat. Namun, ada pertanyaannya, apakah Hasil Polling nya benar-benar mewakili aspirasi Masyarakat?. kenapa pertanyaan ini muncul, salah satu jawabannya, segala hal yang dilakukan via Online itu, terkadang hasil akhirnya diragukan. Apakah itu berlaku untuk semuanya?, tidak juga. Sebuah lembaga independen yang melakukan polling secara online, bisa saja menyajikan data yang sebenarnya. Pada tulisan ini, kita akan coba menjawab apakah hasil data polling yang dibuat melalui link : https://pollingkita.com/ yang lagi ngetrend benar-benar menyajikan hasil akhir yang mewakili masyarakat ataupun sebaliknya.

Pembahasan kita pisahkan untuk beberapa bagian, dengan tujuan agar kita semua memahami secara luas mengenai polling secara online.

  1. apa itu polling online
  2. aplikasi yang digunakan untuk membuat polling
  3. Cara kerja polling online
  4. Cara olah data polling
  5. Rangkuman

Kita mulai membahas setiap bagian tersebut.

Apa itu Polling Online?

polling online

sumber dari laman wikipedia: Polling online adalah survei di mana peserta mengkomunikasikan respons melalui Internet, biasanya dengan mengisi kuesioner di halaman web. Jajak pendapat online dapat memungkinkan siapa saja untuk berpartisipasi, atau mereka mungkin dibatasi pada sampel yang diambil dari panel yang lebih besar. Polling sama seperti survei, yang tujuannya untuk melihat respon seseorang. Di zaman yang serba modern, polling melalui online dengan menggunakan jaringan internet merupakan solusi efektif yang digunakan. Sampai disini, sama pikir semua sudah bisa memahami apa itu polling online.

Aplikasi Polling online

Terdapat banyak sekali aplikasi berbasis website yang bisa kita gunakan untuk membuat polling secara online. Beberapa diantaranya yaitu Survei Monkey, Google Docs, Straw Poll, dan lain sebagainya. Terdapat versi gratis dan juga berbayar. Salah satu website populer yang mudah dan cepat untuk membuat polling online adalah Straw Poll dan Polling Kita. Di Indonesia dan Aceh sendiri, Polling Kita menjadi website yang banyak digunakan untuk membuat polling online. Pilihan ini karena proses pembuatan nya yang cepat dan mudah.

Pada tulisan ini, kita fokus membahas untuk polling online yang dibuat pada website pollingkita.com. Kita akan akan coba menguji secara sederhana bagaimana hasil akhir data yang dihasilkan melalui polling tersebut.

Cara Kerja Polling Online

Jika kita buka website pollingkita.com, ada kalimat yang disampaikan yaitu :

“Pollingkita.com adalah website atau situs penyedia polling, atau jajak pendapat dan survey sederhana bagi semua orang. Hasil polling jangan digunakan sebagai polling yang representatif.”

Disitu disebutkan, hasil polling yang dibuat bukanlah hasil yang representatif. Maknanya, si pemilik website menyatakan jika hasil polling bukanlah sudah mewakili dari semuanya. Sebenarnya, dari makna ini sudah bisa disambil kesimpulan dari apa yang menjadi pembahasan di tulisan ini. Namun, ada hal lain yang coba kita bahas.

Sekilas, cara kerja Sebuah Polling Online melalui pollingkita.com, sederhananya :

  • User membuat sebuah polling, didapatkan sebuah link kemudian membagikannya
  • User lain mengisikan polling tersebut menggunakan laptop/PC atau smartphone

Secara umum, satu User hanya bisa melakukan polling satu kali dan tidak bisa lebih. Namun, bisa juga melakukan polling berulang, ketika si pembuat polling mengijinkannya (Multi polling). Namun, kebiasaannya sipembuat polling tidak mengaktifkan pilihan tersebut. Coba kita lihat bagaimana aturan polling pada pollingkita.com:

Melakukan pemilihan berulang kali tidak diperbolehkan. Pemeriksaan duplikasi didasarkan pada alamat IP pemilih. Kami tidak mentolerir setiap kecurangan yang dilakukan dan akan menganulir semua vote yang berindikasi dilakukan oleh bot

Ada 2 buah kata yang coba kita bahas dari pernyataan tersebut, Pertama pernyataan : pemilihan berulang tidak dibolehkan, bagaimana cara mereka mengetahuinya?, yaitu dengan melihat pada IP pemberi polling. Waktu kita terhubung ke dalam jaringan atau internet, komputer yang kita gunakan akan diberikan suatu alamat berupa nomor IP, contohnya : 192.168.10.9. Cara mudah melihat nomor IP komputer kita yaitu melalui perintah : ipconfig melalui Command Prompt.

“Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.”

polling online

Hal kedua adalah Polling yang dilakukan oleh BOT. apa itu bot?

“Kutipan dari wikipedia, Bot adalah program komputer yang dijalankan di lingkungan Wikipedia yang khusus dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan otomatis”

polling online

Dalam bahasa teknis, banyak yang mengistilahkan bot ini adalah sebuah robot. Bukan robocop, namun robot yang dibuat yang berjalan pada suatu sistem bekerja secara otomatis. Contoh simpel : Suatu akun posting status di FB atau IG, dalam 1 menit sudah 1000 yang like dan komentar. itu salah satunya, sering dissebut Akun Bot.

Pada Polling juga bisa dibuat demikian. Namun, kadang bisa saja terdetek oleh sistem aplikasinya. Sampai disini kita sudah paham, jika Polling tidak akan bisa dilakukan jika dilakukan oleh User dengan nomor IP yang sama dan juga dilakukan oleh Mesin (Bot).

Apakah kita bisa mengakali Polling dengan suatu cara, misalnya mengubah nomor IP?, jawabannya bisa saja. Paling mudah yang banyak digunakan adalah menggunakan VPN.

“VPN (Virtual Private Network) adalah  Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi. salah satu fungsi adanya vpn adalah keamanan dalam berkomunikasi atau dalam pertukaran data, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusup ke traffic (lalu lintas jaringan) yang tidak semestinya.”

VPN-polling online

Dengan menggunakan VPN, kita bisa membuka blokir suatu situs. Mudah memahami VPN,, saya kasih contohnya : Posisi kita saat ini ketika akses internet di Kota Banda Aceh, tetapi dengan menggunakan VPN, seolah-olah kita berada di Amerika, silahkan dipahami sendiri maknanya. Ada banyak macam aplikasi VPN di internet, ada yang gratis dan juga berbayar (silahkan googling)

Sampai disini, bisa kita pahami bahwa Data Polling Online itu bisa di akali dengan suatu trik. Bagaimana caranya, akan kita lanjutkan pada tulisan berikutnya.

 

You May Also Like

About the Author: Ridwan M.T