Bahasa Pemrograman Populer tahun 2020

Bahasa Pemrograman Populer

Bahasa Pemrograman merupakan sebuah istilah yang sudah gak asing lagi di telinga kita. Bahasa Pemrograman merupakan sebuah kumpulan baris instruksi untuk memberikan instruksi/perintah kepada komputer. Zaman sekarang, Bahasa Pemrograman tidak hanya dipelajari dan dikuasai oleh anak-anak jurusan komputer atau IT saja. Jurusan lainnya semisal Statistik juga sudah mempelajari Bahasa Pemrograman.

Berikut rangkuman 5 bahasa pemrograman yang sedang populer di tahun 2020 dari Github yang bisa menjadi pilihan untuk dipelajari oleh para Developer dalam membangun aplikasi.

1. JavaScript

JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para developer di seluruh dunia. Selama beberapa tahun, JavaScript selalu menempati posisi pertama sebagai bahasa yang paling banyak dipilih para developer. Pada tahun 2019, Statista melaporkan setidaknya 67,8% developer diseluruh dunia menggunakan JavaScript. Bahasa ini cocok digunakan untuk membangun sistem berbasis web. Bahasa ini juga mudah dipelajari.

2. Python

Python menjadi bahasa pemrograman terpopuler kedua. Selama bertahun-tahun, Java selalu menempati posisi kedua, namun Python dengan mudah menyalipnya karena big data dan data science mulai menjadi populer belakangan ini. Bagi para peminat data science dan machine learning, Python adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Setidaknya, 83% profesional di bidang tersebut menggunakan Python dan menyarankan untuk menggunakan Python untuk data science dan machine learning.

3. Java

Meskipun sudah 25 tahun sejak perilisannya, Java masih menjadi bahasa pemrograman favorit untuk mengembangan aplikasi berbasis android. Bahasa pemrograman ini fleksibel dan bisa digunakan untuk membangun program yang bisa berjalan di perangkat manapun. Meskipun sudah mendapatkan update sampai Java 11, banyak developer memilih untuk menggunakan Java 8.

4. Rust

Jika dibandingkan dengan bahasa lainnya, Rust termasuk bahasa pemrograman baru. Rust banyak digunakan karena tidak memakan banyak memori dan memiliki performa yang baik. Sejak tahun 2018, Rust dinobatkan sebagai bahasa yang paling disukai oleh Stack Overflow dan ada beberapa perusahaan yang memilih untuk menggunakan bahasa pemrograman ini. Rust dapat menggantikan C dan C++ untuk membuat file system, komponen browser, sampai game engine yang tahan terhadap bug.

5. PHP

PHP banyak digunakan oleh web developer karena dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web dan website, baik statis maupun dinamis dengan mudah dan cepat. Kepopuleran PHP dibuktikan dengan banyaknya program yang menggunakan bahasa ini, baik pada GitHub, maupun seluruh dunia.

Inti dari seluruh pengembangan aplikasi adalah bahasa pemrograman yang digunakan, dan sekarang sudah tersedia banyak pilihan bahasa pemrograman. Bahasa-bahasa yang ada pada daftar di atas kebanyakan bisa digunakan untuk kebutuhan umum dan mudah dipelajari.

Sumber : Teknologi.id

 

You May Also Like

About the Author: Ridwan M.T